Berikut ini penjelasan mengenai oligopoli, pasar oligopoli, pengertian pasar oligopoli, struktur pasar oligopoli, contoh pasar oligopoli, ciri pasar oligopoli, pasar monopolistik, pengertian pasar persaingan monopolistik, persaingan monopolistik, pasar persaingan monopolistik, ciri-ciri pasar monopolistik, pengertian pasar monopolistik, persaingan pasar monopolistik, dan contoh pasar persaingan monopolistik.
Pasar Oligopoli
Pengertian Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang terdiri atas hanya beberapa perusahaan saja. Adakalanya pasar oligopoli terdiri dari dua perusahaan saja dan pasar tersebut disebut duopoli. Oligopoli sering disebut sebagai persaingan di antara beberapa penjual (competition among the few).
Menentukan Keuntungan dan Kerugian Pasar Oligopoli
Dalam pasar oligopolis bersaing dalam hal jumlah perusahaan dan perilaku perusahaan tersebut.
|
Kurva laba maksimum dalam pasar Oligopoli |
Keterangan:
Pada gambar diatas permintaan ditunjukkan oleh kurva D. Pada tingkat harga P tingkat harga tersebut
biasanya diikuti oleh perusahaan lain dalam pasar oligopolis. Perusahaan akan memperoleh laba maksimum pada daerah PABC.
Pasar Persaingan Monopolistik
Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik
Perhatikanlah toko/swalayan yang ada di daerahmu! Komoditas apa yang dijual di swalayan itu? Beberapa perusahaan sering menyebar risiko kerugian dengan memproduksi berbagai jenis produk akan tetapi masih dalam satu perusahaan.
Perusahaan jenis ini merupakan bentuk pasar persaingan monopolistik. Buktikanlah dengan kamu pergi ke toko terdekat dari rumahmu! Perhatikanlah produk shampo, sabun mandi, dan sabun cuci.
Ada berbagai merek, berbagai bentuk, dan corak yang ditawarkan pada etalase toko. Produk tersebut akan bersaing, sehingga membentuk pasar persaingan monopolistik.
Jadi, yang dimaksud dengan pasar monopolistik adalah suatu pasar di mana terdapat banyak produsen/perusahaan yang menjual barang/komoditas yang berbeda corak (differentiated product).
Menentukan Keuntungan dan Kerugian Pasar Monopolistik
Bagaimanakah cara menentukan keuntungan dan kerugian yang ada di pasar monopolistik? Perhatikanlah kurva di bawah ini dengan saksama!
Gambar di atas merupakan kondisi laba maksimum perusahaan monopolistik dicerminkan apabila perusahaan berproduksi secara terus-menerus sampai pada tingkat MR = MC. Kurva mencapai keuntungan jika jumlah barang output yang diproduksi sebesar Q dengan tingkat harga P.
Jumlah keuntungan maksimum yang diperoleh perusahaan monopolistik ditunjukkan oleh segi empat PABC . sedangkan keuntungan normal jangka panjang perusahaan ditunjukkan oleh segi empat CBFG.
Gambar dibawah ini menunjukkan biaya ratarata (AC) lebih tinggi daripada tingkat harga yang diminta (P) pada output sebanyak Q.
Artinya bahwa perusahaan mengalami kerugian yang ditunjukkan pada segi empat CABP. Tingkat kerugian dapat diminimalkan apabila keadaan MR = MC tercapai. Artinya perusahaan harus memproduksi barang sejumlah Q.