Fisika  

Pengertian, Contoh Besaran Pokok dan Turunan Serta Satuannya Dalam Tabel Sistem Internasional

Berikut ini  adalah materi fisika tentang besaran dan satuan, besaran pokok, besaran turunan, pengertian besaran pokok, pengertian besaran turunan, besaran fisika, besaran pokok dan besaran turunan, contoh besaran turunan, besaran turunan dan satuannya, satuan internasional, besaran dan satuan fisika, satuan fisika, besaran turunan dan dimensinya, satuan dalam fisika, contoh besaran pokok, besaran pokok dan turunan, besaran pokok dan satuannya, satuan si, tabel besaran turunan, besaran turunan dan rumusnya, besaran fisika dan satuannya, kelompok besaran turunan, 7 besaran pokok.

Besaran dan Satuan

Cobalah Anda ukur panjang, lebar, dan tinggi buku Anda menggunakan mistar. Berapa hasilnya? Tentu hasilnya akan berbeda antara satu buku dan buku lainnya. Misalnya, buku pertama panjangnya 20 cm, lebarnya 15 cm, dan tebalnya 4 cm. 

Panjang, lebar, dan tinggi buku yang Anda ukur tersebut, dalam fisika, merupakan contoh-contoh besaran. Sementara itu, angka 20, 15, dan 4 menyatakan besar dari besaran tersebut dan dinyatakan dalam satuan centimeter (cm). 

Dengan demikian, besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, sedangkan satuan adalah ukuran suatu besaran. Banyak besaran-besaran dalam fisika. Akan tetapi, secara umum, besaran dikelompokkan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Untuk lebih memahaminya, pelajari bahasan-bahasan berikut ini.

1. Besaran Pokok dan Turunan

Setiap besaran memiliki satuan yang berbeda sesuai dengan yang telah ditetapkan. Besaran dalam Fisika dikelompokkan menjadi besaran pokok dan besaran turunan.

a. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak bergantung pada besaran lainnya. 

Terdapat 7 (tujuh) besaran pokok yang telah ditetapkan, yakni massa, waktu, panjang, kuat arus listrik,

temperatur, intensitas cahaya, dan jumlah zat. 

Selain itu, terdapat dua besaran tambahan yang tidak memiliki dimensi, yakni sudut datar dan sudut ruang (tiga dimensi). Satuan dan lambang satuan dari besaran pokok dapat Anda lihat pada Tabel berikut ini:

Pengertian, Contoh Besaran Pokok dan Turunan Serta Satuannya Dalam Tabel Sistem Internasional
Tujuh Besaran Pokok dalam Sistem Internasional

Pengertian, Contoh Besaran Pokok dan Turunan Serta Satuannya Dalam Tabel Sistem Internasional
Dua Besaran Tambahan dalam Sistem Internasional

b. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari beberapa besaran pokok. Sebagai contoh, volume sebuah balok adalah panjang × lebar × tinggi. Panjang, lebar, dan tinggi adalah besaran pokok yang sama.

Dengan kata lain, volume diturunkan dari tiga besaran pokok yang sama, yakni panjang. Contoh lain adalah kelajuan, yakni jarak dibagi waktu. Kelajuan diturunkan dari dua besaran pokok yang berbeda, yakni panjang (jarak) dan waktu.

Pengertian, Contoh Besaran Pokok dan Turunan Serta Satuannya Dalam Tabel Sistem Internasional
Besaran Turunan yang Memiliki Satuan Tersendiri

Selain memiliki satuan yang diturunkan dari satuan besaran pokok, besaran turunan juga ada yang memiliki nama satuan tersendiri. Beberapa contoh besaran turunan dan satuannya ditampilkan pada tabel diatas.