Pengertian dan Contoh Jenis Kelainan Akibat Gen Letal Dalam Proses Hereditas atau Pewarisan Sifat

Kali ini kita akan membahas tentang gen letal, pengertian gen letal, hereditas, gen dominan, gen resesif, gen letal resesif, pewarisan sifat, gen letal dominan.

Pengertian Gen Letal

Gen kematian (gen letal) adalah gen yang dapat menyebabkan kematian suatu individu yang memilikinya. 

Gen-gen ini dapat menunjukkan pengaruhnya pada awal pertumbuhan sehingga dapat mengakibatkan kematian sebelum lahir (pada masa embrio).

Dalam konsep gen letal, dikenal istilah individu carrier, yakni individu yang berpotensi untuk menurunkan sifat gen letal tersebut atau berpotensi untuk membawa gen yang mengakibatkan kelainan.

a. Gen Letal Dominan

Gen letal dominan merupakan suatu keadaan apabila suatu individu memiliki gen homozigot dominan, individu tersebut akan mati. 

Contohnya, pada tikus gen Ay mengekspresikan rambut warna kuning yang dominan terhadap gen a yang mengekspresikan warna rambut hitam. 

Gen Ay ini dalam keadaan homozigot mengakibatkan kematian pada tikus. Jika tikus jantan kuning heterozigot dikawinkan dengan tikus betina yang juga kuning heterozigot maka keturunannya (F1) adalah sebagai berikut.

Pengertian dan Contoh Jenis Kelainan Akibat Gen Letal Dalam Proses Hereditas atau Pewarisan Sifat

Contoh kelainan akibat gen letal dominan, yaitu:

  1. Ayam redep (kaki dan sayap pendek)
  2. Thalasemia pada manusia
  3. Ayam tidak berjambul

b. Gen Letal Resesif

Pada gen letal resesif, individu akan mati jika memiliki gen homozigot resesif. Salah satu contoh efek dari gen letal resesif yang menyebabkan kematian adalah pada tanaman jagung. 

Hadirnya klorofil diatur oleh suatu gen dalam keadaan dominan dan jika gen tersebut berada dalam keadaan resesif maka klorofil tidak dapat diekspresikan dan menyebabkan kematian. 

Gen yang menyebabkan hadirnya klorofil kita anggap sebagai A dan resesifnya adalah a. Gen heterozigot menyebabkan warna daun menjadi hijau muda. 

Pada persilangan antarjagung dengan daun hijau muda sesamanya akan menghasilkan sebagai berikut.

Pengertian dan Contoh Jenis Kelainan Akibat Gen Letal Dalam Proses Hereditas atau Pewarisan Sifat

Contoh kelainan akibat gen letal resesif, yaitu:

  1. Sickle-Cell Anemia (sel bulan sabit) pada manusia;
  2. Kelinci pelger (gangguan pada pembentukan leukosit);
  3. Sapi bulldog (persilangan antarsapi ras dexter).