Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 10 Semester 1

Berikut ini adalah rangkuman materi, rangkuman ekonomi, materi ekonomi kelas x, materi ekonomi kelas x semester 1, ekonomi kelas 10, materi ekonomi kelas 10, konsumsi, ciri-ciri kegiatan konsumsi, tujuan kegiatan konsumsi, kegiatan produksi, circulair flow diagram, rumah tangga konsumen, rumah tangga perusahaan.

Konsumsi ialah kegiatan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang/jasa. Pelaku kegiatan konsumsi dinamakan konsumen.

Ciri-ciri kegiatan konsumsi ialah barang yang digunakan dalam kegiatan konsumsi merupakan barang konsumsi, ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan dan barang yang dipergunakan akan habis atau berkurang.

– Terdapat empat tujuan kegiatan konsumsi dan ini juga merupakan pola perilaku dari konsumen yaitu:

a. Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap.

b. Menghabiskan nilai guna barang sekaligus.

c. Memuaskan kebutuhan secara fisik.

d. Memuaskan kebutuhan rohani.

– Produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang/jasa. Pelaku kegiatan produksi disebut produsen.

– Dari pengertian tersebut jelas bahwa kegiatan produksi mempunyai tujuan dan memengaruhi perilaku produsen yang meliputi:

a. Menghasilkan barang atau jasa.

b. Meningkatkan nilai guna barang atau jasa.

c. Meningkatkan kemakmuran masyarakat.

d. Meningkatkan keuntungan.

e. Memperluas lapangan usaha.

f. Menjaga kesinambungan usaha perusahaan.

– Suatu diagram yang menggambarkan hubungan timbal balik antarpelaku ekonomi berupa arus melingkar yang membentuk sistem tertentu disebut circulair flow diagram.

Rumah Tangga Konsumen (RTK) atau biasa disebut rumah tangga merupakan sebuah keluarga yang terdiri atas suami, istri dan anak serta anggota keluarga lainnya, yang setiap hari melakukan kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Rumah tangga perusahaan (RTP) adalah rumah tangga ekonomi yang melakukan kegiatan produksi barang dan jasa dalam hal ini perusahaan sebagai produsen.